Kamis, 29 Oktober 2015

Pengetahuan Tentang Dunia Penerbangan

DUNIA PENERBANGAN


Hmmm kali ini admin akan share saja tentang pengalaman admin seputar dunia penerbangan.
ada yang tertarik untuk berkarir didunia penerbangan ?
baik, saya share saja seperti apa sih pekerjaan didunia penerbangan ?
apa saja profesinya ?
dan harus mempunyai skill apa saja ?
dan berapa rata-rata gajinya ?

baik saya simpulkan beberapa profesi didunia penerbangan yang mungkin asing ditelinga kalian
kalau Pilot dan Pramugari mungkin sudah familiar ditelinga kita, pernah berpikir siapa saja yang menjalankan penerbangan itu ? siapa saja orang-orang yang berjasa menjalankan penerbangan itu ?  baik saya jelaskan sebagai berikut : 

1. CALL CENTER AND TICKETING AIRLINE

Seorang call center harus mempunyai skill yang lebih dalam berbicara, khususnya dalam menangani penumpang yang ingin melakukan reservasi tiket. selain itu call center dituntut wajib mengetahui prosedur-prosedur mengenai sistem tata niaga ( Sistem Refund Tiket, Issued Tiket, Re-issued dan Reebok Ticket, dll ) sesuai dengan perusahaan dimana agan-agan ingin bekerja. lalu apa itu Refund Tiket ?

  • Refund Tiket adalah proses pengembalian tiket menjadi uang karena beberapa alasan teknis dari perorangan (tidak bisa terbang di hari tersebut) atau dari maskapai itu sendiri (pesawat cancel karena alasan teknis, non teknis, maupun cuaca). ada yang bisa dapat Uang Refund 30 persen dari harga tiket, ada yang 70 persen dari harga tiket, ada yang 90 persen dari harga tiket bahkan ada yang dapat Refund full. sesuai agan agan berapa lama ingin memproses refund tiket tersebut sebelum tanggal keberangkatan ( Departure) dan tergantung kalian membeli tiketnya diperusahaan airline mana. contoh Indonesi Air Asia, Citilink, Garuda, Kalstar,dll. masing-masing perusahaan mempunyai tata niaga yang berbeda.
  •  Issued Tiket adalah proses mencetak tiket yang telah dibayar baik secara manual ataupun otomatis online. tergantunng kalian membeli tiketnya dimana. diinternet , di TTO (Ticketing Town Office), di ATO (Airport Ticketing Office), atau di Travel Agent. Seorang Call Center and Ticketing wajib menguasai skill ini. contoh tiket pesawat :
    *Keterangan :
  1. Nomor 1 itu adalah Kode Booking, Setiap kalian melakukan resevasi, kalian akan diberikan kode booking untuk mengissued tiket.
  2. Nomor 2 adalah Rute Tujuan . Origin ( Tempat asal) dan Destination (Tujuan). dan ada keterangan waktu pemeberangkatan atau biasa disebut ETD (Estimated Time Departure) juga waktu kedatangan atau ETA (Estimated Time Arrival).
  3. Nomor 3 adalah kelas dimana kalian Booking. jadi ada kelas-kelas tertentu jika kalian ingin membeli tiket pesawat. semakin tinggi kelas yang kalian beli maka semakin  mahal harganya. untuk beberapa Airline kelas tertinggi masih di pegang kelas Y (Yankee).
  4. Nomor 4 adalah status tiket. Jika HK maka tiket tersebut sudah diissued atau dicetak. setiap airline memilki status tiket yang berbeda-beda.
  5. Nomor 5 adalah Harga Tiket, Komulatif dari Harga dasar tiket ( Basic fare) + Harga Taxi +IWJR (Iuran Wajib Jasa Raharja).
  • Reebok dan Re-issued Tiket adalah proses mengganti tanggal keberangkatan ditiket kalian. biasanya dikenai CASH tertentu. atau istilah lain mencetak ulang  tiket dari tanggal sebelumnya ketanggal yang telah ditentukan.
 Lalu Syarat apalagi yang harus dikuasain seorang Call Center and Ticketing ?
  • Ramah dan selalu menebar senyum saat sedang menghadapi pelanggan meski lewat telepon
  • Selalu fokus apa yang harus dikerjakan dan apa yang harus didengarkan oleh pelanggan
  • Bekerja secara cepat, tepat dan efisien.
  • Jangan mudah terpancing marah oleh penumpang. biasanya kalau ada penumpang marah, kita juga ikutan marah.
  • Pandai berkomunikasi
 Lantas berapa sih rata-rata gaji sebagai Call Center and Ticketing di Perusahaan Penerbangan, kalau dari pengalaman saya pribadi, gajinya itu berkisar IDR 2.000.000-3.000.000. yah tergantung tempat dimana kalian  bekerja.

Jam kerja 8 Jam (Normal)

2. HELPDESK AIRLINE

Apa itu helpdesk airline ?
Helpdesk airline adalah seorang yang bertugas menangani masalah-masalah yang terjadi saat issued tiket atau sebagainya. biasanya menangani masalah gagal issued, kode booking yang kosong, menangani error sistem  travel agent yang sudah join dengan perusahaan kita bekerja dan merekap revenue penjualan tiket dari online. Seorang Helpdesk diwajibkan mengerti seluk beluk sistem yang ia pakai,  Bagaimana respon dia saat sistem departure mengalami error dan bagaimana respon dia dalam menangani case-case baru. pokoknya penuh tantangan pekerjaan ini.

Lalu berapa sih gaji seorang Helpdesk di Airline ?
sesuai pengalaman saya, gaji seorang Helpdesk itu berkisar IDR 2.500.000-3.500.000.


Jam kerja 8 Jam (Normal)

 3. RC (Reservation Control)

RC adalah seorang yang bertugas memonitoring hasil penjualan tiket dan menganalisa harga tiket. seorang RC diwajibkan mempunyai analisa yang baik tentang kompetitor harga tiket. ada juga tugas RC lainnya yaitu apabila penerbangan mengalami penundaan (delay) atau cancel flight maka tugas seorang RC adalah memindahkan tiket penumpang melalui sistem ke penerbangan berikutnya atau istilahnya REACOMODATE kode booking.
Seorang RC harus selalu aktif berkordinasi dengan satu sama lainnya atau dengan divisi OCC (Operation Control Center) agar tidak terjadi missed
Apa saja sih yang harus dikuasai untuk mejadi seorang RC ?
  • Pertama harus selalu aktif berkoordinasi, dituntut lebih dalam melakukan kerjasama.
  • kedua harus memahami alur rotasi rute
  • ketiga mempunyai analisa yang baik dalam memasarkan harga tiket
Biasanya seorang RC ini dibagi-bagi tugas per rute yang ia pegang kendali. misal si RC A. dia memegang rute Kalimantan Timur sedangkan si RC B memegang rute Kalimantan Barat.

Lalu berapa rata-rata gaji seorang RC di beberapa perusahaan airline ?
Kisarannya IDR 3.000.000-4.500.000.

kalian Tertarik ?
hehehe

4. PASASI ATAU GROUND HANDLING

 Pasasi atau Ground Handling adalah seorang yang bertugas menangani penumpang, bagasi atau kargo sebelum pre filght. peran tersebut sangat vital karena salah satu faktor yang menentukan tingkat on time performance dan kepuasan penumpang. pekerjaan ini membutuhkan kerjasama yang kuat antar lini.



5. FSS (Flight Support Standar)

FSS adalah seorang yang memiliki kewajiban mengurusi dokumen-dokumen standar penerbangan, Lisensi Pilot dan Pramugari, Mengatur jadwal pilot dan pramugari, mengatur jadwal pelatihan baik pilot ataupun pramugari.
seorang FSS harus mempunyai data-data yang memadai tentang cabin crewnya. apabila lisensi seorang pilot akan habis, maka FSS ini harus memperpanjangnya di DKU (Direktorat Kementrian Udara).
yahh rata-rata lebih banyak menghabiskan waktu diluar kantor.

Berapa yah rata-rata gaji menjadi staff FSS ini ?
gaji seorang FSS ini dikisaran IDR 3.500.000-5.000.000

Jam kerja 8 Jam (Normal)

6. OCC (Operation Control Center)

OCC adalah seseorang bertanggung jawab memonitoring pergerakan pesawat dari take off sampai landing.

Berikut adalah adalah ruang kendali OCC





*Gambar diatas adalah Daily Movement Control Manual



*Gambar diatas adalah Sistem yang rata-rata dipakai beberapa perusahaan airline dalam memonitoring pesawatnya. jadi kita bisa tahu pesawat yang kita miliki sedang ada dimana dan pesawat mana saja yang sudah take off.


*Gambar diatas adalah Radio VHF. radio yang digunakan untuk komunkasi staff OCC dengan pilot yang sedang terbang atau berkomunikasi dengan beberapa orang cabang. kita bisa atur salurannya.









*Gambar diatas adalah situasi ruang control 






Bukan Hanya memonitoring saja seorang staff OCC juga bertanggungh jawab mengurusi dokument Flight Approval (Surat Persetujuan Terbang, apabila ingin merubah jadwal penerbangan), Lisensi FOO (Flight Operation Officer), Irregularity Incident Flight (Penerbangan yang tak normal delay cuaca, kerusakan mesin, dll), serta berkas lainnya yang berhubungan dengan kegiatan Prefilght (Kegiatas sebelum penerbangan).
Selain itu masih ada lagi kegiatan administratif OCC antara lain : merekap Daily Flight Record (Data Penerbangan), Membuat Laporan Estimasi Penumpang, Merekap Data kompetitor, Membuat Laporan Ontime Performance, dll.

Lantas Berapa Kisaran Gaji Menjadi Seorang OCC ?
dikisaran IDR 3.000.000-6.000.000

7. FOO (FLIGHT OPERATION OFFICER)

 Mungkin dari kalian ada yang asing mendengar kata FOO, FOO lebih dikenal sebagai pilot darat. karena saat dia bekerja didarat dia lebih berkuasa memberikan arahan ke pilot.

FOO adalah seseorang yang melaksanakan tugas sebagai operasi kontrol penerbangan secara garis besar fungsi FOO dapat di bagi menjadi tiga yaitu: Flight Dispatch, Operation Controller dan Flight Following. Untuk lebih jelasnya fungsi ini di mulai dari persiapan sebelum penerbangan seperti menghitung performance pesawat untuk menentukan batasan berat pada saat tinggal landas maupun pada saat mendarat; menghitung kesetimbangan pesawat agar pesawat tetap setimbang (menghitung Central of Grafity ) dan mendapatkan pembakaran bahan bakar (fuel) yang paling ekonomis; menganalisa cuaca di stasiun keberangkatan, alternate dan kedatangan untuk memastikan cuaca di seluruh stasiun di atas kondisi cuaca yang distandardkan oleh badan yang berwenang (weather above minima); menganalisa Notice to Airman (NOTAM) untuk memastikan kondisi seluruh stasiun dan sepanjang jalan penerbangan (en-route) tidak ada yang significan mempengaruhi operasi penerbangan; merencanakan rute penerbangan, ketinggian, stasiun alaternate, berat pesawat, bahan bakar dan lain-lain berdasarkan analisa diatas; melakukan briefing ke pilot sebelum penerbangan dilaksanakan; bersama-sama pilot menandatangani dispach release sebagai tanda bahwa rencana penerbangan sudah aman (safe), ekonomis , nyawan buat penumpang dan di sepakati kedua belah pihak (mutual agreement) sebelum penerbangan di laksanakan; setelah pesawat mengudara FOO juga memantau penerbangan untuk memberikan bantuan ke pilot jika di perlukan serta memberikan informasi perkembangan cuaca atau informasi penting lainnya yang berhubungan dengan penerbangan itu, pematauan ini dilakukan terus menerus sampai pesawat mendarat dan misi penerbangan dianggap selesai; setelah pesawat mendarat FOO akan melakukan De-briefing dengan Pilot untuk mendapatkan informasi penting sepanjang penerbangan sehingga bisa digunakan sebagai sumber data untuk perencanaan penerbangan berikutnya. Untuk menjalankan tugasnya seorang FOO harus mempunyai sertifikat tanda kecakapan (license) yang di keluarkan oleh Direktorat Sertifikasi Kelaikan Udara (DSKU) dan diatur dalam Peraturan Keselamatan Penerbangan (CASR) 121.

Persyaratan Umum

Untuk bisa menjadi seorang FOO menurut CASR ada beberapa sarat yang mesti di penuhi:

  • Umur pada saat akan menjadi siswa FOO harus 21 tahun , Apabila belum mencapai 21 tahun tetap bisa mengikuti ground school dan license diambil setelah memasuki umur 21 tahun.
  • Lulus tes kesehatan (medical examination)



*Ilustrasi seorang FOO

Lantas Berapa gaji seorang FOO ?
Gaji FOO tergantung dari kualitas dan jam terbangnya, semakin tinnggi jam terbangnya maka gaji yang ia peroleh semakin besar. apalagi jika ia menjadi Chief FOO.

Kisaran gaji IDR 3.500.000-15.000.000
Belum termasuk uang on board (terbang) dan tunjangan rating

kalian tertarik ??










 

26 komentar:

  1. Saya tertatarik si bagian ticketing. Mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih gan telah berkunjung ke blog saya, baik saya akan menjelaskan sedikit tentang ticketing. ini menurut pengalam saya aja ya gan, staff ticketing itu biasanya ada yang ditempatkan di TTO ( ticketing town office ) alias di cabang dan ada juga yang di ATO ( airport ticketing office )atau bandara. tantangan terberatnya jika ditempatkan dibandara, selain dituntut kita harus cepat dan efisien dalam bekerja, kita juga harus mempunyai mental yang kuat karena kita selalu menghadapi berbagai macam karakteristik orang. agan jika ingin menjadi staff ticketing itu harus bersikap ramah dan murah senyum. meski agan menghadapi penumpang yang marah-marah, selain itu agan dituntut kerja yang teliti, karena jika salah issued( mencetak tiket) atau reservasi bisa fatal loh gan. agan juga harus paham mengenai prosedur-prosedurnya. sebetulnya gak ribet sih kalau agan terus belajar tentang skill ticketing. yang penting disitu ada kemauan pasti disitu ada jalan.

      Hapus
  2. Foo sepertinya tugas yg berat haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan hehehe, tapi kalau sudah terbiasa tidak sesulit yang dibayangkan. terlebih jika menjadi FOO Stasiun Cabang. yah paling banyak handle 4 flight untuk maskapai perintis

      Hapus
    2. kau di perintis bagaimana tempat tinggal dan gaji nya gan?

      Hapus
  3. kalau masuk OCC adakah syarat khususnya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk requirment khusus sih tidak ada
      tapi yang penting tidak terlalu awam tentang dunia penerbangan.

      Hapus
  4. Balasan
    1. Tergantung banyaknya rating dan pengalaman yang didapat gan..
      Biasanya para chief FOO yg dpt gaji segitu

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih tepatnya divisi marketing yang mengimplementasikannya..
      RC, Ticketing, Call Center, Sales.

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. gan mau tanya dong,untuk sekolah terbaik FOO dijakarta dimana ya ?mohon dikasih saran.terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin semua sekolah foo itu sama tapi sekedar saran yg mungkin lebih baik itu merpati training center untuk sekolah foo, karena kebanyakan foo di inIndones itu adalah lulusan dari merpati training center.. termasuk saya hehehe

      Hapus
  8. gan mau tanya dong,untuk sekolah terbaik FOO dijakarta dimana ya ?mohon dikasih saran.terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf sobat baru bisa dibales sekarang dan selamat datang di blog saya.

      hemm menurut saya Aviatera, karena saya punya beberapa teman FOO lulusan Aviatera yang kemampuannya lumayan mumpuni.

      Maaf ini bukan iklan....

      Hapus
  9. Tapi sayang Gaji Untuk seorang FOO masih jauh dri layak, buat yg fresh graduate saja hanya 2,2juta padahal kerja ny 10 jam dan berat jg tugas tugas nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf itu tahun berapa yah gan ?
      setau saya gaji foo inisal saat ini UMR ditambah tunjangan rating. THP bisa dapet 4-5 juta/bulan. itu yang inisial. sedangkan yang sudah berpengalaman dalam artian bukan CHIEF sekitar 6-8 juta. belum termasuk allowance atau uang on board jika ikut onboard.
      kalau flightnya normal gak berat-berat amat kok gan, hehehe

      Hapus
  10. Kalo cewek bisa egak ya jadi FOO? apakah ada batasan umur ikut kelas FOO? Saya dulu kuliah jurusan pendidikan matematika dan sudah kerja 3 tahun di bidang administrasi di perusahaan swasta dan umur saya udah 26 Thun rencana tahun depan pengen banget bisa ikut kelas FOO di umur 27 thn? Saya pengen banget berkarir di dunia penerbangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentu bisa, kalau tidak salah minimal usia 21 tahun. bisa kok umur 26 juga.

      Hapus
  11. Kalo cewek bisa egak ya jadi FOO? apakah ada batasan umur ikut kelas FOO? Saya dulu kuliah jurusan pendidikan matematika dan sudah kerja 3 tahun di bidang administrasi di perusahaan swasta dan umur saya udah 26 Thun rencana tahun depan pengen banget bisa ikut kelas FOO di umur 27 thn? Saya pengen banget berkarir di dunia penerbangan.

    BalasHapus
  12. Utk jobdesk RC langsung berhadapan dgn pelanggan atau gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk RC tidak langsung berhadapan dengan pelanggan.
      biasanya ke office dlu melalui helpdesk atau call center

      Hapus
  13. Thanks om udah membahas tentang foo, meskipun di Indonesia seorang foo masih kurang dihargai dan cenderung dianak tirikan tanpa melihat tugas dan beban yg di tanggung

    BalasHapus
  14. Mau nanya dong kak....di tahun 2020 ini gaji foo itu brp sih kak....

    BalasHapus